Setelah Membaca Buku Lalu Apa?

Hai, Sobat PURIBUKU yang suka banget membaca buku. Sudah bulan Agustus di tahun 2016, sudah membaca buku apa saja?

Yep, toko buku online PURIBUKU menyediakan buku, novel, dan komik yang bisa Sobat PURIBUKU pilih dan beli. Apabila belum terpampang novel di website, Sobat bisa langsung mengontak kami di nomor WhatsApp +62 8989-8686-12. Sila tanyakan pada kami novel yang Sobat cari, kami akan mencarikannya dan memberi kabar pada Sobat apakah masih tersedia stoknya.

Sobat, membaca buku memang sebuah keasyikan tersendiri. Kadang membikin lupa waktu. Seperti membaca novel-novel Andrea Hirata, novel-novel Desi Puspitasari, novel-novel Pidi Baiq, ataupun juga novel-novel terjemahan seperti Harry Potter dari JK Rowling. Saat menutup halaman terakhir, rasanya berat sekali kala harus berpisah dengan tokoh-tokoh di dalam cerita.

Lalu, setelah itu apa? Inilah beberapa tips yang bisa kamu lakuin setelah selesai membaca buku.

Beberapanya menghasilkan duit, lho. Lumayan bisa buat beli buku baru lagi 😉

  • Disimpan Rapi di Dalam Rak Buku

Selang beberapa waktu, bisa dalam hitungan bulan atau tahun, akan muncul keinginan untuk kembali membaca buku yang sudah pernah selesai dibaca. Mencari buku lama akan terasa lebih mudah bila saat ini ditata dengan baik. Jadi enggak perlu membongkar-bongkar tumpukan yang enggak perlu.

Sampul buku dengan plastik bening. Ini salah satu upaya supaya kover tidak robek dan kertas di bagian dalam tidak cepat kuning/cokelat. Kemudian, letakkan buku dalam keadaan berdiri dan berjajar. Menumpuk buku hanya akan membuat kertas halaman buku menjadi rusak. Selengkapnya baca di sini

  • Direkomendasikan ke Teman Lain.

Tidak semua orang mengakses informasi yang sama dari waktu ke waktu. Apabila Sobat PuriBuku baru saja selesai membaca buku bagus, rekomendasikan saja buku tersebut ke kawan yang lain. Berbagi informasi mengenai buku bacaan yang menarik itu enggak bikin rugi. Namun, perkara Sobat meminjamkan buku itu atau enggak (seumpama saja takut enggak balik, gitu), pilihan itu ada di tangan Sobat sendiri. 😀

Bila Sobat sedikit keberatan meminjamkan koleksi buku milik pribadi, Sobat bisa merekomendasikan pula toko online PURIBUKU untuk mencari buku bacaan yang dimaksud.

  • Membikin Resensi di Blog

Setelah selesai membaca buku, jangan buru-buru menutup dan menyimpan bacaan tersebut ke dalam rak. Ada langkah kelanjutan yang bisa dikerjakan oleh Sobat, yaitu membikin resensi buku tersebut. Bikin review mengenai isi cerita. Sebisa mungkin enggak spoiler, yaaa, biar enggak mengurangi keseruan membaca teman-teman yang lain.

Posting mengenai resensi buku tersebut di blog atau website pribadi Sobat. Jangan lupa sertakan informasi mengenai buku tersebut. Seperti misalnya judul, nama penulis, jumlah halaman, tahun terbit, nama penerbit. Dan boleh banget semisal di bagian akhir tulisan, Sobat mencantumkan alamat puribuku.com untuk rekomendasi membeli bacaan tersebut secara online.

  • Menulis Resensi dan Dikirim ke Koran

Membikin resensi untuk koran tidak begitu berbeda dengan menulis di blog. Isinya mengenai buku yang dibaca tersebut. Keunggulan buku dan informasi mengenai buku. Namun, perhatikan pula jumlah karakteristik dari media massa yang hendak dikirimi tulisan, yaaa.

Bila resensi dimuat di koran, Sobat akan mendapat honor. Bukti pemuatan resensi itu bisa banget dikirimkan ke penerbit yang bersangkutan, lho. Dengan begitu Sobat bisa mendapatkan buku gratis terbitan baru dan juga honor. Asyik banget, kan.

One Response

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *