Tips Merawat Buku

Koleksi PURIBUKU

Setelah dibaca, buku enggak bisa kalau hanya ditumpuk begitu saja. Iya, sih, kalau sebulan atau dua bulan kondisi buku itu tetap akan baik-baik saja. Tapi seiring waktu, setahun misalnya, tumpukan itu akan berdebu, ditambah lagi dengan lingkungan lembab, kondisi buku bisa rusak. Saat Sobat PuriBuku ingin membacanya lagi, bukunya sudah dalam keadaan tidak baik.
Yakin banget, nih, kalau Sobat PuriBuku adalah pembaca buku nomor wahid alias suka banget baca buku. Nah, tahukah Sobat,  buku pun memerlukan perawatan. Perawatan buku ini simple dan enggak ribet kok sebenarnya. Mudah dilakukan, asalkan Sobat PuriBuku telaten dan tekun.
Yuk, kita simak apa saja tips merawat buku:

1. Menyampul buku.

Hal ini dilakukan supaya bagian kover buku tetap awet, sekaligus melindungi halaman-halaman kertas bagian dalam buku. Pergunakan plastik bening supaya judul dan kover buku masih bisa terlihat jelas. Sehingga mudah jika suatu saat kamu mencari buku lawas untuk dibaca lagi.

2. Gunakan pembatas buku.

Koleksi PURIBUKUJangan lipat halaman buku untuk memberi tanda sampai halaman mana kamu membaca. Enggak nyaman banget, kan, kalau melihat buku penuh dengan lipatan. Gunakan pembatas buku untuk memberi tanda sampai mana kamu membaca. Pembatas buku bisa menggunakan apa saja; bungkus permen, nota belanja di supermarket, jepit, sobekan kertas, dan apapun yang bisa diselipin di antara halaman buku. 😀

3. Disusun berdiri dalam rak.

Buku yang disimpan jangan ditumpuk ya, Sobat PuriBuku. Beban yang diterima bisa membikin halaman-halaman buku lengket dan tertekan. Lebih baik deretan buku itu disusun berdiri di dalam rak.

4. Bersihkan dari debu.

Seminggu sekali bersihkan koleksi buku-buku, Sobat PuriBuku. Debu yang masih tipis tak terlihat dan tak mengganggu. Namun bila sudah menumpuk tebal bisa merusak kertas-kertas halaman buku.

5. Sirkulasi udara lancar.

Usahakan sirkulasi di dekat koleksi buku Sobat PuriBuku lancar, alias banyak angin. Pergantian udara lancar. Hindarkan menyimpan buku di dalam ruangan lembab. Bila disimpan dalam ruangan tak lancar sirkulasi udara, halaman buku akan melengkung dan tumbuh jamur.

6. Tambahkan kapur barus.

Untuk menghindari kertas-kertas halaman buku dimakan rayap dan atau ngengat, rak buku bisa ditambahkan kapur barus.
Begitulah beberapa tips merawat buku. Bila koleksi bacaan Sobat PuriBuku awet dan bisa dibaca sampai generasi berikutnya, siapa yang tidak senang? Tentu Sobat PuriBuku dan anak cucu kelak nantinya.
Sobat PuriBuku punya tips lain dalam merawat buku? Sok, sila tambahin. 😉

Menambah koleksi bacaan, Sobat sila membeli buku di TOKO PURIBUKU via puribuku.com, atau WA +62 8989 8686 12, pin BBM 5E91 DBF9.

One Response

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *